KUASA.ID, PALU – Pemerintah Kota Palu menyerahkan bantuan sosial berupa beasiswa kuliah kepada 107 mahasiswa yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid kepada para penerima manfaat, Senin (1/7/2023).

Total dana bantuan yang diberikan Pemkot Palu mencapai Rp722.250.000. Setiap mahasiswa menerima bantuan sebesar Rp 6.750.000 untuk biaya perkuliahan.

Para mahasiswa sebelumnya telah mengajukan proposal permohonan kepada Pemerintah Kota Palu untuk memperoleh bantuan perkuliahan.

Program bantuan sosial bagi mahasiswa diketahui telah berjalan selama dua tahun sejak 2022 lalu dengan jumlah penerima sebanyak 48 mahasiswa. Pada tahun 2023, jumlah penerima meningkat menjadi 107 orang sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Salah satu penerima bantuan, Sarah Fauziah (20 tahun) mengaku sangat terbantu dengan adanya beasiswa dari pemerintah sehingga dapat mencukupi kebutuhan perkuliahan.

“Bantuan tersebut sangat membantu banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi.”ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid berpesan kepada para mahasiswa penerima bantuan terkait pentingnya disiplin dalam belajar dan menghargai waktu.

Hadianto juga menghimbau agar para mahasiswa dapat menjadi contoh atau duta yang baik.

“Mengajak teman-teman untuk berbuat hal-hal yang baik, serta menjauhi hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba,” pesannya.

Dengan adanya program beasiswa ini, diharapkan dapat membantu para mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk dapat mengejar pendidikan tinggi dan mencapai kesuksesan di masa depan. (**)