SIGI, KAUSA.ID – Sekolah Sukma Bangsa (SSB) Sigi, yang berlokasi di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menggelar seminar dan pelatihan perpustakaan dengan tema Bijak di Sosial Media dan Cakap Menata Pustaka, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh tiap tanggal 14 September itu dimaknai sebagai hari meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan literasi seperti membaca dan mengunjungi perpustakaan.

“Kami melaksanakan seminar perpustakaan sebagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan,” ujar Dadan Darusman, Kepala Perpustakaan SSB Sigi.

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, diikuti pembacaan doa, serta penampilan tari Indang yang berasal dari Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang dipersembahkan siswa-siswi SSB Sigi.

Sebagai kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya, peringatan seminar perpustakaan kali ini menghadirkan empat pemateri.

Materi pertama dengan tajuk Pentingnya Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Belajar Mandiri, oleh Pustakawan SSB Sigi, Dadan Darusman. Sementara materi kedua berjudul Menjadi Bijak di Media Sosial oleh Musfira Safari mewakili Tim Jawara Internet Sehat Sulawesi Tengah.

Materi ketiga disampaikan Ketua Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Sulawesi Tengah, Supriady M Djafar yang berjudul Minat Baca dan Budaya Literasi. Materi penutup, disampaikan Kabid Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Provinsi Sulawesi Tengah, Hatijah Yahya yang didaulat menjadi pembicara utama dengan judul materi Kebijakan Perpustakaan Sekolah.

Direktur SSB Sigi, Nurhayati berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat positif bahkan menjadi perangsang bagi siswa-siswi untuk gemar membaca.

“Intinya adalah kita akan meningkatkan kualitas hidup dengan cara membaca,” tandasnya. (Al/Kn)