PALU, KAUSA.ID – Sejumlah Artefak peninggalan Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, dipamerkan dalam Hijrah Expo Tabarukkan, di Jalan Teratai, kantor Polres lama, Palu.

Pameran yang digelar di seputaran taman Gor Kota Palu ini berlangsung mulai 24 Oktober 2023 hingga 3 November 2023 mendatang.

Sejumlah Artefak Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan antara lain, tanah makam, darah bekam, ekstrak keringat, kayu siwak, potongan sorban, imamah nabi (sejenis peci), tongkat, panah, cambuk, tapak kaki, dan wadah air peninggalan Rasulullah SAW, serta terompah (sandal) milik Nabi Muhammad.

Panitia Pelaksana, Aiptu Andi Yusnar, mengatakan kegiatan ini merupakan pertama kali digelar di Palu dengan tujuan untuk menambah kecintaan umat islam kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

”Konsep kami menghadirkan Artefak ini untuk menambah pengetahuan dan kecintaan kita umat muslim pada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, ” ujarnya, Selasa (24/10/2023).

Iya menambahkan bahwa Artefak Nabi Muhammad SAW tersebut didatangkan dari Malaysia dan telah berada di Jakarta selama 3 tahun.Semua artefak yang dipamerkan juga telah tersertifikasi keasliannya oleh ahli.

“InsyaAllah semua asli karena bersertifikat, yang replika hanya satu yaitu pedang Rasulullah,” terangnya.

Pihak panitia menetapkan aturan khusus bagi masyarakat yang ingin berkunjung melihat langsung benda peninggalan Rasulullah.

Pengunjung dibatasi sebanyak 20 orang untuk tiap kali memasuki area pameran serta diwajibkan menggunakan busana muslim dan muslimah.

Salah satu pengunjung, Wati, mengaku sangat terharu lantaran baru pertama kali dirinya melihat secara langsung sejumlah benda peninggalan Rasulullah SAW.

“Melihat langsung peninggalan Rasulullah membuat saya terpukau, sedih dan tentunya menambah kecintaan saya terhadap sosoknya,” ucap Wati. (Al/Kn)