POSO, KAUSA.ID – Pemerintah Kabupaten Poso melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso menyerahkan bantuan kepada warga korban terdampak bencana angin puting beliung di Desa Bariri, Kecamatan Lore Tengah, Poso, Rabu (8/11/2023).

“Sebanyak 7 Kepala Keluarga mendapat bantuan langsung berupa sembako dari BPBD Kabupaten Poso untuk meringankan beban warga yang rumah-rumah mereka rusak karena terpaan angin kencang” kata Kepala Desa Bariri, Magdalena Mentara, Minggu(12/11/2023).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Muhamad Rum dari BPBD dan pada akhir bulan nanti bantuan bahan bangunan bagi warga yang terdampak akan segera disalurkan sehingga proses pemulihan dan perbaikan rumah warga bisa segera dilaksanakan.

”Kami bersyukur pihak pemerintah Kabupaten Poso langsung berikan bantuan pasca bencana. Respon yang cepat,” ungkap kades didampingi Camat Lore Tengah saat penyerahan bantuan oleh BPBD Poso.

Diketahui, bencana angin puting beliung tersebut menyebabkan 7 rumah warga mengalami kerusakan. Beberapa lahan pertanian juga rusak karena terpaan angin kencang melanda wilayah yang dikenal dengan Lembah Behoa, lokasi yang memiliki kekayaan budaya dan adat serta peninggalan situs megalit. (**)