SIGI, KAUSA.ID – Kalukubula Climbing Club (KCC) Sulawesi Tengah kembali menggelar event kejuaraan Panjat Tebing di Desa Kalukubula, Biromaru, Kabupaten Sigi, mulai 15 hingga 17 Desember 2023.

Kejuaraan antar pelajar se-Sulteng tingkat SD dan SMP kategori putra dan putri ini diikuti oleh peserta SD dan SMP yang berasal dari Kabupaten Sigi, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

Total jumlah peserta yang ikut berkompetisi sebanyak 41 orang terdiri dari 7 atlet putri tingkat SD, 13 atlet putra tingkat SD. Sementara tingkat SMP terdiri dari 13 atlet putri dan 8 atlet putra.

Dalam kejuaraan ini, sekolah panjat Climber Fighter Indonesia yang memiliki sport climbing sederhana di Desa Kotapulu, Dolo, Kabupaten Sigi merupakan salah satu tim yang cukup banyak mengirimkan atlet binaaanya berjumlah 10 orang atlet.

10 atlet tersebut terdiri 6 orang putri yakni Nur Hafiza, Asyifa Zalfa (MTs ALkhairaat Tulo) Cindy Aulia, Siti Rahmawati, Nur Ayyatul Husna (SMPN 4 Sigi) dan Naura Alia Nurfitri (SD Inpres Kotapulu) serta 4 orang atlet putra yakni Muhammad Faiz, Rahmat Maulana, Moh. Raiyan Satrio dan Moh. Nabil berasal dari sekolah SD Inpres Kotapulu (1 diantaranya mengikuti dua kategori SD dan SMP).

Tim Climber Fighter berhasil meraih prestasi dengan hasil 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Peraih medali Emas Muhammad Faiz dan medali perunggu Rahmat Maulana ketegori Putra tingkat SD, Medali Perak Naura Alia Nurfitri kategori SD putri, Medali Perak kategori SMP Putri Nur Hafiza dan medali perak kategori SMP Putra kembali diraih oleh Muhamma Faiz.

Manager Climber Fighter, Lia Somba menyampaikan bahwa berdasarkan keinginan dan cita-cita bersama untuk dapat melahirkan atlet-atlet muda berprestasi khususnya di Sulawesi Tengah sehingga dapat melahirkan bibit-bibit atlet muda berprestasi dalam cabang olahraga panjat tebing.

“Kami menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan support bagi anak-anak, baik secara materi dan non materi dalam mengikuti kejuaraan Bouldering antar Pelajar se-Sulteng kali ini,” kata Lia Somba, Minggu (17/12/2023).

Ia juga berharap ke depan para atlet binaan mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak khsusunya pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten dan Provinsi agar memberikan dukungan fasilitas latihan yang memadai sehingga anak-anak lebih semangat mengikuti latihan, dapat bersaing dan meraih prestasi ke tingkat Nasional.

“Khususnya terimakasih kepada Pemerintah Desa Kotapulu dalam pembiayaannya serta dukungan dan do’a dari orang tua anak-anak dan masyarakat pecinta dan penggiat panjat tebing dari Desa kotapulu Kecamatan Dolo yang telah hadir langsung di lokasi kegiatan untuk memberikan dukungannya dan tentu saja atas semangat juang para atlet Climber Fighter yang begitu kompak dan solid,” tambahnya.

Dibawa binaan pelatih utamanya Faisal Ladjinala didampingi oleh Dedy Gustinus yang mana keduanya merupakan Atlet senior Sulteng kini mampu membina atlet muda usia 9 hingga 16 tahun dengan fasilitas sederhana yang dibangun secara mandiri.

Sekolah Panjat Climbing Fighter Indonesia saat ini telah melatih dan membina 40an siswanya dengan pelatihan intens dan disiplin oleh Faisal.

Club Sekolah Panjat diketahui mulai dibangun pada awal tahun 2023 dan kini dapat menorehkan prestasi dalam cabor panjat tebing.

Berikut hasil akhir kejuaraan Bouldering Tingkat Pelajar Se-Sulteng:

Kategori pelajar tingkat SD putra: Medali Emas Muhammad Faiz (Climber Fighter/SD Inpres Kotapulu), Medali Perak Ramdani (SDN Inpres Kalukubula), Medali Perunggu Rahmat Maulana (Climber Fighter/SD Inpres Kotapulu).

Kategori pelajar SD putri: Medali Emas Naifa (SDN Inpres Kalukubula), Medali Perak Naura Alia Nurfitri (Climber Fighter/SD Inpres Kotapulu), Medali Perunggu Bulan (SD Inpres Watunonju).

Katergori Pelajar SMP Putra: Medali emas Arya (SMPN 4 Palu), Medali Perak Muhammad Faiz (Climber Fighter), Medali Perunggu Davin (FPTI Parigi Moutong).

Kategori Pelajar SMP Putri: Medali Emas Nur Ananda Fadila (MTs Alkhairaat Kalukubula), Medali Perak Nur Hafiza (Climber Fighter/MTs Alkhairaat Tulo), Medali Perunggu Nesa (SMPN 9 Palu). (*/Kn)