PALU, KAUSA.ID – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar mengajak seluruh Kepala Desa dan Lurah se- Sulteng mengikuti penganugerahan Paralegal Justice Award tahun 2024.

Paralegal Justice Award 2024 yang di gelar oleh Mahkamah Agung dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) merupakan penghargaan yang di berikan kepada para Kades maupun Lurah berprestasi dalam menyelesaikan berbagai konflik atau sengketa di lingkungan warganya.

“Tahun kemarin banyak dari Sulteng yang jadi nominasi Paralegal Justice 2023. Kita kembali mengajak karena ini adalah bentuk motivasi agar lebih memberikan pengabdian terbaiknya dalam mewujudkan wilayah yang lebih aman dan damai,” jelas Hermansyah, Kamis, (4/1/2024).

Kades maupun Lurah se-Sulteng dapat melakukan pendaftaran pada laman pja.bphn.go.id hingga tanggal 31 Januari 2024.

Adapun syarat dan ketentuannya yakni:

  1. Kepala Desa atau Lurah aktif di buktikan dengan Surat Keputusan,
  2. membuat akun pada laman pja.bphn.go.id, mengunggah data diri (ktp, daftar riwayat hidup dan foto).
  3. Memiliki pengalaman menyelesaikan sengketa atau konflik di wilayahnya di buktikan dengan mengunggah narasi, video, atau link berita dan berstatus desa atau kelurahan sadar hukum atau desa/kelurahan binaan (untuk pendaftar kategori anubhawa sasana jagaddhita).

“Peserta akan mengikuti paralegal akademi dan akan di seleksi berdasarkan indikator yang telah di tentukan ,” jelasnya.

Hermansyah juga menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan pendampingan bagi Kades atau Lurah yang memenuhi syarat serta berminat mengikuti Paralegal Justice Award 2024.

“Tim kami siap mendampingi, silakan hubungi kami melalui tim penyuluh hukum Kanwil, pastinya kita mau agar wilayah kita ini telah tergolong kelompok sadar hukum. Semuanya demi menciptakan budaya hukum dan iklim investasi di lingkup terkecil di sulawesi tengah” pungkasnya. (**/Al)