PALU, KAUSA.ID – Pemerintah Kota Palu melaksanakan kirab atau pawai Piala Adipura 2023 berkeliling kota, Sabtu (9/3/2024).

Konvoi sambil membawa Piala Adipura lambang supremasi kebersihan dan penataan lingkungan perkotaan itu diikuti oleh ratusan pekerja padat karya dan masyarakat Palu.

Rute kirab tersebut dimulai dari Bundaran Taman Nasional Jalan Hasanuddin lalu berkeliling kota dan konvoi berakhir di Kantor Wali Kota Palu, jalan Balai Kota.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menyebut penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bukanlah penghargaan kepada Wali Kota seorang, melainkan untuk seluruh elemen masyarakat Kota Palu.

“Ini piala untuk masyarakat Kota Palu yang sudah memberi andil dalam menjaga dan membersihkan Kota Palu,” kata Hadianto, sesaat sebelum Kirab dimulai.

Piala Adipura merupakan pencapaian pertama kalinya bagi Kota Palu setelah beberapa periode pemerintahan.

Hadianto mengungkapkan dari sejumlah prestasi yang diterima oleh Pemerintah Kota Palu, penghargaan Adipura-lah yang sangat mengesankan. membuatkan meneteskan air mata.

“Ketika saya mendengar pertama mendapatkan Piala Adipura, dari sekian banyak pencapaian prestasi yang kita dapatkan di Kota Palu, Adipura yang membuat saya menetaskan air mata,” ungkap wali kota.

Meskipun beberapa tahun lalu Kota Palu sempat menyandang predikat salah satu kota terkotor dan terjorok di Indonesia, namun kata Hadianto atas usaha bersama masyarakat dapat merubahnya menjadi bersih dan meraih Adipura.Hadianto berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan meski meraih Adipura pertama kalinya ini.

“Apa yang kita dapatkan saat ini, bisa kita pertahankan dan berkomitmen untuk meningkatkannya. InsyaAllah Kota Palu juga akan bisa,” tutupnya. (**)