KAUSA.ID, PALU – Polda Sulteng menggelar bakti kesehatan operasi bibir sumbing dan katarak di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Senin (24/6/2024).

Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho mengungkapkan pihaknya menggelar berbagai kegiatan bakti kesehatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78.

“Kami mengadakan beberapa kegiatan bakti kesehatan diantaranya operasi katarak gratis, operasi bibir sumbing gratis, donor darah, operasi langit-langit dan sunatan massal. Tak hanya itu, kami juga gelar berbagai perlombaan olahraga dan lain-lain,” ungkap Kapolda.

Sebanyak 38 pasien, terdiri dari penderita bibir sumbing, katarak, dan stunting, mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis sebelum menjalani operasi.

Jumlah tersebut kata Kapolda dapat bertambah dan mejalani pemeriksaan tim medis untuk memastikan pasien dapat menjalani operasi atau diberikan penanganan lebih lanjut.

Kapolda menambahkan seluruh kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat, khususnya bagi warga kurang mampu.

“Ini merupakan bentuk rasa syukur kita untuk mengabdikan diri kepada masyarakat juga untuk mendekatkan institusi Polri dengan masyarakat. Sudah sepantasnya kami institusi Polri memberikan bantuan dan pelayanan bagi masyarakat,” ujar Kapolda.

Sementara itu, Salah satu pasien operasi katarak, Arfan, mengaku sangat terbantu dengan adanya program operasi katarak gratis ini.

“Terima kasih, dengan adanya kegiatan ini kami sangat terbantu. Saya berharap kegiatan seperti ini berkelanjutan, agar masyarakat kurang mampu dapat menerima manfaatnya,” kata Arfan.

Dalam kegiatan itu, Kapolda Sulteng juga memberikan penghargaan kepada empat dokter yang dianggap berjasa melayani pasien di Rumah Sakit Bhayangkara Palu.

Serta pemberian bantuan tali asih kepada perwakilan pasien yang akan mengikuti operasi.

Kapolda turut menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Hal ini dibuktikan dengan diletakkan batu pertama pembangunan gedung perawatan baru di rumah sakit tersebut.

“Semoga dengan bertambah gedung baru ini, diharapkan pelayanan kesehatan dapat semakin maksimal dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” tutupnya. (Kn)