KAISAR. ID, PALU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah mengadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema Peran Media dalam Pengawasan Partisipatif, pada Jumat (19/7/2024).

Acara ini berlangsung di Swiss-Belhotel Palu, Jalan Malonda, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dalam sosialisasi ini diikuti oleh puluhan wartawan dan akademisi dari berbagai universitas di Kota Palu.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, khususnya kalangan media, dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan umum.

Ketua Bawaslu Sulteng, Nasrun, menegaskan pentingnya peran media dalam memastikan proses demokrasi yang transparan dan adil.

“Media memainkan peran strategis dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengawasan partisipatif,” ujar Nasrun.

Dia menjelaskan tiga poin utama dalam partisipasi pengawasan pemilu.“Pertama, mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara aktif. Kedua, memastikan partisipasi non-Polri/TNI dalam proses pemilihan. Ketiga, melibatkan masyarakat umum sebagai pengawas pemilu untuk memastikan pemilu berlangsung secara jujur dan adil,” tambahnya.

Nasrun berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan antara Bawaslu dan media, serta menciptakan sinergi positif dalam menjaga integritas pemilihan umum di Sulawesi Tengah.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya media, untuk bersama-sama mengawasi dan memastikan pemilu yang demokratis dan jujur,” harapnya.(*)