KAUSA.ID, SIGI – Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Sekertaris Daerah, Drs. H. Nuim Hayat, mengajak seluruh masyarakat untuk bahu membahu menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024.

Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan PIN Polio Tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2024, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Selasa (23/7/2024).

PIN Polio merupakan program pemberian imunisasi tambahan polio kepada seluruh anak usia 0-59 bulan, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Kegiatan serentak ini dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai upaya pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit polio.

Dalam sambutannya, Nuim Hayat menegaskan pentingnya imunisasi polio untuk melindungi anak-anak dari penyakit melumpuhkan ini.

“Imunisasi polio telah melalui kajian mendalam oleh tim ahli Kementerian Kesehatan RI dan terbukti aman,” jelasnya.

Ia pun mengimbau para orang tua di Kabupaten Sigi untuk membawa anak-anak mereka ke pos pelayanan polio terdekat untuk mendapatkan imunisasi.

Melalui PIN Polio 2024, diharapkan cakupan imunisasi di Kabupaten Sigi dapat mencapai target dan tercipta kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap virus polio.

Nuim Hayat juga menekankan pentingnya akurasi pelaporan data hasil kegiatan PIN Polio oleh para pelaksana.

“Dengan data yang akurat, kita dapat mengevaluasi program dan menyusun strategi yang lebih efektif untuk mencapai target yang lebih baik,” ujarnya. (**)