KAUSA. ID, SIGI – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Mohamad Rizal Intjenae dan Samuel Yansen Pongi, menggelar deklarasi akbar di Lapangan RTH Taiganja, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu (14/9/2024) sore.

Pantauan media ini, acara Deklarasi ini dihadiri oleh ribuan pendukung dan relawan.

Dalam pidatonya, Rizal dan Samuel memaparkan sejumlah program yang akan mereka lanjutkan dari Bupati sebelumnya, Muhammad Irwan.

Program-program tersebut mencakup pemberian bibit pertanian, pupuk gratis, serta asuransi pertanian dan peternakan.

Rizal menegaskan bahwa prioritas utama mereka adalah peningkatan sektor pertanian melalui program Hilirisasi Pertanian.

“Kami fokus pada hilirisasi pertanian karena menghadapi berbagai tantangan seperti masalah air, pupuk, dan harga hasil panen. Dengan program ini, kami yakin semua masalah tersebut bisa teratasi,” ujar Rizal.

Rizal juga menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program-program pro-rakyat yang telah dirintis oleh Bupati Irwan.

“Kami akan memastikan tidak ada masyarakat Sigi yang tidak mendapatkan pendidikan dan perawatan kesehatan,” tegasnya.

Calon Wakil Bupati, Samuel Yansen Pongi, menyoroti potensi dominasi lahan pertanian di Kabupaten Sigi yang memungkinkan penerapan berbagai program keringanan untuk petani.

“Kami akan melanjutkan program yang ada dan fokus pada Perda perlindungan petani. Kami berkomitmen melakukan hilirisasi dari hulu hingga hilir,” jelas Samuel.

Samuel juga mengungkapkan rencana untuk menyediakan bantuan bibit gratis, pupuk subsidi, serta asuransi pertanian dan peternakan yang akan dibiayai pemerintah.

“Misi kami adalah menjadikan Kabupaten Sigi lebih maju dan berkelanjutan dengan mengembangkan sektor pertanian, peternakan, hortikultura, dan pariwisata,” tambahnya.

Samuel mengajak ribuan masyarakat yang hadir dalam Deklarasi agar dapat mendukung pasangan Rizal-Samuel dalam Pilkada Sigi 2024.

Sementara itu, Ketua Koalisi Pemenangan pasangan Rizal-Samuel, Muhammad Irwan, yang juga Bupati Sigi saat ini, menyatakan optimisme terhadap kemenangan pasangan tersebut.

“Hari ini adalah deklarasi akbar sekaligus ujian kekuatan relawan di kecamatan dan desa. Alhamdulillah, kehadiran ribuan orang menunjukkan kekuatan relawan kami,” kata Irwan.

Irwan menambahkan bahwa Rizal dan Samuel memiliki kemampuan intelektual dan ide yang dapat melanjutkan pembangunan Kabupaten Sigi.

Menurutnya Rizal, dengan pengalaman sebagai Ketua DPRD Sigi selama dua periode, memahami APBD dari perencanaan hingga pengawasan.

“Sedangkan calon Wakil Bupati memiliki pemahaman mendalam tentang ruang demokrasi, membuat pasangan ini ideal untuk memimpin Sigi periode 2024-2029. Saya yakin Kabupaten Sigi akan lebih maju dan berkelanjutan di bawah kepemimpinan mereka,” tutupnya. (*)