KAUSA.ID, SIGI – Pasangan calon (Paslon) bupati Sigi, Mohamad Rizal Intjenae dan Samuel Yansen Pongi, memenuhi undangan masyarakat Desa Soulowe Tara, Kecamatan Sigi Kota, pada Jumat (20/9/2024) malam.

Kehadiran mereka dalam acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dirangkaikan dengan tahlilan massal ini turut memperkuat hubungan dengan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, menyampaikan apresiasi kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

Ia menegaskan bahwa mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sigi berkomitmen mendukung kegiatan keagamaan dengan menyelenggarakan Festival Maulid yang akan menjadi agenda tahunan.

“Kami juga berkomitmen memberangkatkan 10 orang imam dan pegawai sara setiap tahunnya untuk umrah gratis, sebagai bagian dari program yang telah berjalan,” ujar Samuel Pongi.

Saat itu, ia mewakili pemerintah daerah, yang dalam waktu dekat akan memasuki masa cuti menjelang kampanye Pilkada Sigi 2024.

Dalam mendukung aktivitas keagamaan, pemerintah daerah telah memberikan bantuan hibah kepada majelis taklim, organisasi keagamaan, serta tempat ibadah, baik masjid maupun gereja.

Samuel Pongi juga mengumumkan adanya kerja sama dengan Universitas Yaman, di mana saat ini sebanyak 20 anak dari Kabupaten Sigi sedang menempuh pendidikan agama di sana.

“Kami berharap, setelah kembali, mereka akan menjadi guru agama yang berkualitas,” ungkapnya.

Program ini bertujuan membantu anak-anak berprestasi akademik namun berasal dari keluarga kurang mampu. Biaya pendidikan mereka sepenuhnya ditanggung melalui program yang diprakarsai oleh Bupati Mohamad Irwan.

Mengakhiri sambutannya, Samuel Pongi mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin, serta menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami berharap, dengan dukungan dari semua pihak, Kabupaten Sigi dapat menjadi daerah yang religius dan sejahtera,” tutupnya.Acara Maulid Nabi dan tahlilan massal tersebut dihadiri ratusan masyarakat.

Selain penceramah Habib Rotan, turut hadir pula tokoh politik dari koalisi pendukung Rizal-Samuel Pongi seperti Jamaludin L. Nusu, Syaban Said Lawia, Hazizah, Herman Latabe, serta tokoh masyarakat dan adat setempat. (***)