MOROWALI, KAUSA.ID – Kecelakaan kerja terjadi di salah satu pabrik pengolahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023) pagi.

Peristiwa tersebut bermula dari kecelakaan yang dialami sejumlah pekerja saat melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku pukul 05.30 WITA.

Menurut kesaksian karyawan Pero Silicone PT ITSS sedang melakukan perbaikan tungku, dan melakukan pemasangan plat pada bagian tungku tersebut yg mengakibatkan ledakan sehingga membuat beberapa tabung oksigen di sekitaran area juga ikut meledak.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Dr. Agus Nugroho mengatakan akibat insiden tersebut, 13 pekerja meninggal dunia, sementara puluhan lainnya luka-luka.

“Kecelakaan kerja di lingkup PT ITSS benar terjadi pagi tadi, sementara korban sementara sudah berjumlah 13 orang yang meninggal dunia. 5 orang diantaranya adalah TKA dan 8 orang lainnya adalah pekerja lokal,” ungkap Kapolda Agus Nugroho.

Ia melanjutkan, bahwa saat ini para korban masih dalam proses penyelidikan untuk memastikan indentitasnya masing-masing.

Diketahui para korban masih berada di klinik PT ITSS, baik korban meninggal dunia maupun yang masih dalam perawatan.(*/Al)