KAUSA.ID – Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Pancasila tingkat Kota Palu, di halaman Mapolresta Palu Sabtu (01/6/2024).

Sekkot Irmayanti membacakan pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI terkait momentum Hari Lahir Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini, kata Sekkot, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsaagar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ujar Sekkot.

Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka TunggalIka”.

Kepala BPIP melalui Sekkot mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ungkap Sekkot.

Seluruh komponen bangsa diajak untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisisglobal yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, danpolitik,” tandas Sekkot.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demiIndonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya. (**/Kn)